Sabtu, 13 Juni 2009

Indeks Saham Asia Catat Kenaikan Tinggi

Adanya optimisme bahwa perekonomian dunia akan segera pulih dari krisis membuat indeks saham di Asia naik cukup tinggi.

Fortescue Metals Group Ltd, Australia ketiga produsen terbesar bijih besi, ditambah dengan 31 persen pada bulan spekulasi permintaan untuk bijih besi di Cina akan meningkat. Rio Tinto Ltd, yang mendapat 19 persen dari penjualan dari Cina, melonjak 6,5 persen. Cina Konstruksi Bank Corp, bangsa pinjaman terbesar kedua, lanjutan 8,3 persen setelah bank sentral mengatakan pinjaman dua kali lipat. Mitsubishi Heavy Industries Ltd soared 15 persen pada pembicaraan untuk membangun pembangkit tenaga listrik Australia.



"Ada satu rasa yang umum yang terburuk telah berlalu," kata Matt Riordan, yang membantu mengelola sekitar $ 3,2 miliar pada Paradice Investment Management di Sydney. "Sebagai sesuatu kembali di AS, orang akan mulai membeli produk impor lagi, dan melalui alur yang juga menjadi sumber daya."

The MSCI Asia Pacific Index memperoleh 1,8 persen menjadi 105,17, yang tertinggi sejak 26 Sept. Mengukur yang telah naik 49 persen dari lima tahun rendah pada 9 Maret, dengan valuations dari perusahaan untuk yang tertinggi di lebih dari delapan bulan, sebagai tanda-tanda pemulihan telah meningkat dalam beberapa bulan.


Tumbuh optimisme


Australia mendadak melaporkan pertumbuhan ekonomi pada pekan lalu, ketika pemerintah Jepang dari dua minggu yang lalu dibangkitkan dan pandangan ekonomi untuk pertama kalinya dalam tiga tahun.


AS penjualan ritel pada bulan Mei meningkat untuk pertama kalinya dalam tiga bulan, dan tuna karya tuntutan ditolak awal pekan lalu ke level terendah sejak Januari, laporan terpisah pemerintah menunjukkan pada 11 Juni.


Cina penjualan eceran melonjak dari 15,2 persen pada bulan Mei, yang paling dalam empat bulan. Investasi di pabrik-pabrik, jalan dan properti dalam lima tahun pertama dari 2009 surged yang lebih-lebih-diperkirakan 32,9 persen dari tahun sebelumnya, kata biro statistik hari ini.


Australia indeks sentimen konsumen dikompilasi oleh Westpac Banking Corp dan Melbourne Institute yang dirilis pada 10 Juni menunjukkan peningkatan dari 12,7 persen pada Juni dari bulan sebelumnya ke 100,1 poin. Ini pertama kalinya sejak Januari 2008 yang indeks di atas 100, yang menunjukkan optimists melebihi jumlahnya pessimists.


Pinjaman Surge


Cina dari bank sentral mengatakan pinjaman baru dua kali lipat ke 664,5 miliar yuan ($ 97 miliar) pada bulan Mei dari 318,5 miliar yuan setahun sebelumnya, kredit untuk menambah dentuman yang mendukung pemerintah 4 triliun yuan rangsangan rencana.


Industri yang Komersial Bank Cina, terbesar di dunia oleh nilai pasar, naik 6,3 persen pada minggu ke HK $ 5.22. Cina Konstruksi Bank melonjak 8,3 persen menjadi HK $ 5,62. Bank Ltd Cina ditambah 4,5 persen menjadi HK $ 3,72.


Rasa percaya diri perbankan meningkat dari Cina untuk pertama kalinya dalam sembilan bulan. Indeks melacak keyakinan dari 2.900 kepala lembaga keuangan meningkat menjadi 40 persen pada triwulan kedua dari 25,6 persen tiga bulan sebelumnya, the People's Bank of China mengatakan dalam sebuah pernyataan pada situs Web.


Mitsubishi Heavy soared 15 persen menjadi 409 yen. Jepang-mesin berat terbesar maker menyatakan dalam pembicaraan dengan pemerintah Queensland untuk membangun lading-pembakaran, generasi coal-fired power plant di negara Australia.


Perusahaan pertambangan dan energi adalah yang terbaik dari performers MSCI Asia Pacific Index dari 10 kelompok industri pada bulan terakhir sebagai prospek dari pemulihan global fueled optimisme bahwa permintaan terhadap komoditas akan meningkat.


Komoditi Rally


The Reuters / Jefferies CRB Index yang melacak 19 harga komoditas, surged 1,7 persen, dan empat minggu sebelumnya.


Fortescue Metals melonjak 31 persen menjadi A $ 4,15. Mt. Gibson Besi Ltd, Australia terbesar keempat-bijih besi-produsen oleh nilai pasar, surged 22 persen menjadi A $ 1,16. Rio Tinto, yang mendapat 30 persen dari penjualan bijih besi, ditambah 6,5 persen menjadi A $ 77,20.


Sesa Goa Ltd, India's eksportir terbesar dari bijih besi, meningkat 30 persen melalui minggu, yang mendapatkan terbesar mingguan sejak Juni 2002, untuk 203,4 rupees.


Tahunan harga kontrak bijih besi, bawah untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun, 10 persen membingkas Mei tahun depan di Cina oleh kenaikan impor, menurut Goldman Sachs JBWere Pty analis.


Nippon Steel Corp naik 5,7 persen menjadi 393 yen, melonjak 7,1 persen menjadi 395 yen di Tokyo. JFE Holdings Inc lanjutan 7,9 persen menjadi 3.400. Kobe Steel Ltd surged 11 persen menjadi 198 yen. Tiga steelmakers Jepang adalah restart beberapa idled karena kapasitas output di automakers dan produsen telah memukul bawah, di koran Nikkei melaporkan kemarin.


BlueScope Steel Ltd, baja terbesar di Australia, naik 8,8 persen menjadi A $ 2,84 di Sydney. Posco, Asia-ketiga terbesar baja, memperoleh 7,1 persen menjadi 432.500 won.


Broker Upgrade


Nomura Holdings Inc, broker terbesar dari Jepang, soared 21 persen menjadi 917 yen. Merrill Lynch dibangkitkan untuk "membeli," ujar perusahaan harus kembali ke laba tahun ini karena penurunan biaya operasional.


"The melambung di pasar saham adalah membantu meningkatkan pendapatan fee di brokerages easing dan kekhawatiran investor akan balon penaksiran kerugian keuangan perusahaan," kata Masaru Hamasaki, yang berbasis di Tokyo penyiasat senior di Toyota Asset Management Co, yang mengawasi $ 15 miliar.


Hana UBS Asset Management Co, manajer Korea Selatan kedua terbaik melakukan dana besar tahun ini, mengatakan ia berencana untuk membeli saham di negara-mobile telepon keputusan karena mereka memperluas pangsa pasar global.


LG Electronics Inc, di dunia ketiga terbesar handset maker, ditambah 4,3 persen menjadi 122.500 won setelah menyatakan ekspor ke Cina tahun ini akan tiga kali lipat.


Samsung Electronics Co memperoleh 2,6 persen menjadi 584.000 won. Credit Suisse Group AG upgrade rating-nya menjadi "lebih baik dr" dari "netral."

4 komentar:

  1. Indeks di Asia diperkirakan masih akan terus menguat dengan adanya optimisme dari pelaku pasar. Sehingga saatnya untuk berinvestasi di pasar modal. Untuk jangka pendek IHSG masih akan bullish. Have a big profit !

    BalasHapus
  2. Tapi agak takut juga, jangan-jangan yang kita beli malah jeblok, kacau kan.

    BalasHapus
  3. Yang bullish apa aja?

    BalasHapus
  4. Kemungkinan besar saham tambang akan bullish karena harga minyak naik.

    BalasHapus